TIGER 2011 (TASIKMALAYA) HASIL RANCANGAN SENDIRI

By Racing Syndicate 21 Okt 2017, 19:09:04 WIB News
TIGER 2011 (TASIKMALAYA) HASIL RANCANGAN SENDIRI

Mencari hiburan yang dapat memacu adrenalin agar rasa stres dan penat seusai bekerja bisa terlepas coba dilakoni oleh Tonny Adityawarman. Pegawai bank BRI cabang Cikatomas Tasikmalaya ini lebih menyukai kegiatan trail adventure dibanding hiburan yang lainnya.
    “Saat pertama kali bermain trail adventure, saya bingung menentukan motor apa yang akan dipakai karena banyak sekali masukan dari teman. Dari pada bingung, akhirnya saya putuskan untuk membuat sendiri motor trail adventurenya” terang pria yang akrab disapa Once ini.
    Berbekal mesin Honda Tiger langsiran 2011, dirancangnya sendiri kendaraan yang bakal dipakainya untuk menggaruk tanah di pegunungan sekitar. Sedangkan untuk penggarapan, diserahkannya pada bengkel R2 Bike Shop yang berada dijalan Cihideung Balong, Tasikmalaya.


    Fokus awal penggarapan adalah menentukan bodi motor yang baru. Didapatkannya rangka motor Honda XL 125 langsiran 1981 dari seorang teman. Bodi Honda XL itu pun dipasangkan dengan mesin Tiger 2011 agar calon motor trail adventure bisa terlihat seperti motor klasic. 
    Agar bisa meredam guncangan dengan baik, sok depan bawaan rangka Honda XL dipensiunkan. Sebagai gantinya dicomot sok upside down milik Kawasaki KX 85 berikut seperangkat pengeremannya. Begitu pula dengan peredam kejut pada bagian belakang. Agar kinerjanya bisa lebih maksimal, sok belakang dipercayakan pada YSS Hibryd yang telah mengusung teknologi baru.
    Setelah rangka kelar, mesin pun juga turut dibenahi. mesin standar Honda Tiger yang sudah berkapasitas 200 cc dirasa kurang galak untuk melahap lintasan pegunungan. Solusinya, piston diganti menggunakan milik Honda CRF 230 yang dipasangkan dengan koil YZF dan karbu Keihin 24.
    “Hasilnya, saat sedang melakukan Trail Adventure bersama teman teman, motorku malah menjadi pusat perhatian. Tak sia sia juga hasil jerih payahku merancang motor sendiri” tutup pria yang juga menjadi anggota komisi balap roda dua IMI Pengprov Jabar ini.

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment