Sirkuit Motocross Gapuraning Rahayu Tutup

By Racing Syndicate 08 Agu 2017, 14:15:41 WIB News
Sirkuit Motocross Gapuraning Rahayu Tutup

Sirkuit Motocross Gapuraning Rahayu Tutup

Kabar mengejutkan datang dari Haji Roni Karno, pemilik Sirkuit Gapuraning Rahayu, Ciamis, Jawa barat. Lintasan garuk tanah bertaraf Internasional yang telah dipakai semenjak tahun 2010 ini tidak akan dipakai lagi seusai penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Motocross putaran 5 2017 hari Minggu lalu (6/8).

                                              
Lokasi tanah yang saat ini digunakan untuk sirkuit rencananya akan difungsikan untuk keperluan perusahaan dan kepentingan lainnya.
“Kita akan menggunakan lahan tersebut untuk pembangunan Masjid dan juga garasi Bus pariwisata Gapuraning Rahayu. Juga untuk keperluan perusahaan lainnya,” buka Roni Karno sang pemilik sirkuit.

                                            Roni Karno
Meskipun begitu, Crosser di era 80 an ini pun tak lantas langsung lepas begitu saja dari ajang kejuaraan motocross di Indonesia.
“Walaupun tak bisa lagi menyelenggarakan di sirkuit Gapuraning Rahayu, namun saya dan teman teman telah melobi pemerintah kota Ciamis. Meminta ijin agar bisa memakai Sirkuit Icakan untuk dipergunakan sebagai lintasan Motocross yang layak balapan kejurda maupun Kejurnas. Semoga tahun 2018 mendatang sudah bisa terealisasi” papar Haji Roni lagi.
Patut diketahui, sirkuit Gapuraning merupakan satu satunya sirkuit motocross permanen di Jawa Barat yang layak untuk penyelenggaraan balap kejurda maupun kejurnas. Dan setiap tahun lintasan ini memang selalu mendapat jatah untuk gelaran kejurnas Motocross.
“Untuk saat sekarang, Sirkuit Motocross di Jawa Barat memang masih terbatas. Hanya Gapuraning Rahayu saja yang permanen dan bisa dipakai setiap saat. Sedangkan sirkuit lain biasanya bersifat dadakan dan hanya sekali pakai saja” papar Iwa Kusdinar selaku Komisi Motocross dari Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia.

                                     Iwa kusdinar
Tentunya dengan kondisi ini, dikhawatirkan tahun depan Jawa Barat akan kekurangan lokasi penyelenggaraan kejuaraan nasional Motocrosss. Karena untuk sirkuit Icakan, Ciamis pun juga masih dalam tahap proses, belum pasti bisa dipergunakan sepenuhnya. Bahkan bisa saja Jawa Barat tidak mendapat jatah penyelenggaraan kejuaraan motocross 2018 karena tidak ada sirkuit yang layak.
“Sebetulnya kami juga mempunyai wacana alternatif lintasan sirkuit Motocross baru yang berada ditengah kota. Saat ini kami sedang melakukan proses pengerjaan sirkuit Motocross di Kopo Bandung yang permanen dan bisa digunakan untuk gelaran kejurda maupun kejurnas,” papar Deddy Adisudarma, pemilik Pesona Indonesia MX Team yang juga seorang Dosen ini.

                                Deddy Adisudarma
“Namun ada beberapa kendala juga yang harus diselesaikan. Dan apabila sesuai dengan jadwal, awal tahun 2018 sirkuit motocross Kopo sudah bisa dipergunakan. Doakan saja agar proses pembuatan sirkuit motocross Kopo ini bisa berjalan dengan lancar agar Jawa Barat mempunyai alternatif sirkuit permanen yang baru,” tutup pria yang akrab disapa Deddy Dogel ini. (Bona)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment