Perawatan Apparel Adventure ; MUDAH DILAKUKAN SENDIRI

By Racing Syndicate 20 Jul 2017, 16:07:34 WIB Adventure
Perawatan Apparel Adventure ; MUDAH DILAKUKAN SENDIRI

Keterangan Gambar : Kotor saat main adventure ? Cuci aja sendiri !


Perawatan Apparel Adventure
MUDAH DILAKUKAN SENDIRI

    Setelah puas melakukan trail adventure seharian, biasanya kondisi badan kita akan terlihat kotor akibat terkena cipratan lumpur maupun air. Kalau hanya badan saja yang kotor, cukup dengan mandi pastinya badan akan bersih kembali. Tetapi jika jersey, pant, sepatu atau helm yang kotor, pastinya kita harus bisa membersihkannya dengan benar agar apparel yang kita gunakan kembali bersih dan warnanya tidak cepat pudar.
    “Biasanya ada cara praktis bagi yang tinggal dikota dan berkecukupan. Cukup bawa saja ke laundry, dalam waktu 2 hari pasti semua apparel dari mulai jersey, pant, sarung tangan, sepatu dan helm akan kembali bersih dan wangi. Namun jika tinggal jauh dari kota, mau tidak mau harus bisa membersihkannya sendiri” ujar Uus Husnaeni, Pemilik Hawex custom Jersey yang kerap membuat apparel untuk para offroader.

                                         


    Sebenarnya cara membersihkan dan merawat apparel setelah digunakan beradventure sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya ketelatenan dan ketelitian yang ekstra agar apparel tetap terjaga keawetannya.
    Untuk jersey, sarung tangan dan pant atau celana panjang perawatannya sangat mudah. Cukup rendam dalam air hangat dan beri deterjen secukupnya. Biarkan selama 30 menit hingga kotoran larut. Kucek saja perlahan hingga semua kotoran menghilang. Setelah itu keringkan di tempat yang tidak terlalu terkena panas matahari agar warnanya tidak mudah pudar.
    “Jangan mencuci jersey, pant serta sarung tangan dalam mesin cuci, biasanya hasilnya tidak bersih dan juga cepat merusak jersey. Bisa juga tambahkan larutan pembersih seperti Vanish,” tambah pria yang akrab disapa Hawex ini.
    Untuk perawatan bagian dalam sepatu dan helm yang kotor, biasanya sedikit lebih ribet. Pasalnya biasanya terdapat banyak busa tambahan didalam helm dan sepatu. Dan jangan pernah diamkan bagian dalam sepatu tetap basah karena akan menimbulkan jamur dan bau pada kaki.

                                         
“Untuk membersihkan bagian dalam sepatu motocros, rendam dengan air hangat dan juga deterjen secukupnya. Gunakan sikat yang halus untuk menggosok bagian dalamnya secara perlahan. Setelah dikeringkan, gunakan baking soda untuk menghilangkan jamur dan bau tak sedap pada bagian dalam sepatu” papar Bos Eman, Pemilik MK Helmet Kota banjar yang juga menerima laundry helm ini.

                                           
Sedangkan untuk perawatan helm yang kotor pada bagian dalamnya, siapkan saja obeng, kanebo, pengharum, cairan pengilap dan deterjen. Buka bagian yang bisa dilepas dengan menggunakan obeng seperti topi helm dan busa dalamnya. Rendam busa dengan deterjen dan air panas lebih kurang 30 menit kemudian bilas sampai bersih. Hindari mengucek terlalu keras atau memeras busa karena bisa merusak lapisan dalam busa. Setelah itu jemur dibawah sinar matahari.
Untuk bagian luar helm, apabila terlalu kotor bisa menggunakan juga sabun dan air untuk membersihkannya. Keringkan dan kemudian gunakan cairan pengkilap untuk mengkilapkan bagian luarnya. “Semprot bagian dalam helm yang telah bersih dengan pewangi helm yang rendah alkohol agar tidak apek dan tidak berbahaya bagi kulit kepala” tutup Bos Eman yang juga pengemar olahraga sepeda gunung ini. (Bona)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment