Honda Tiger 2008 Tasikmalaya, Lebih Puas Dengan Modifikasi Sendiri

By Racing Syndicate 04 Okt 2017, 13:33:38 WIB Modifikasi
Honda Tiger 2008 Tasikmalaya, Lebih Puas Dengan Modifikasi Sendiri


    Bosan dengan motor trail adventure yang siap pakai, Ahmad Maskur Firdaus coba merancang sendiri tunggangannya yang akan dipakai untuk menjelajah hutan dan pegunungan. pemilik bengkel modifikasi Surya Motor Mobilindo Design Art ini lebih puas memodifikasi motor sendiri untuk bermain trail adventure dari pada membeli langsung jadi. 
    “Kalau hanya sebatas untuk offroad trail adventure, saya sudah ada motor Honda CRF dan KTM EXCF 250 yang sangat siap untuk di ajak jalan. Namun rasanya dihati kurang puas untuk menaikinya. Makanya saya coba untuk modifikasi sendiri kendaraan yang akan dipakai beradventure” buka pria yang biasa disapa Haji Dauz ini.


    Berbekal sebuah mesin tiger langsiran 2008, dirancangnya sendiri kendaraan yang bakal dipakainya untuk menggaruk tanah di pegunungan sekitar Tasikmalaya. “Desain saya coba bentuk klasik. Namun tenaganya harus ciamik agar beradventure tetap bisa asik” ujar pemilik pondok pesantren Suryalaya, Tasikmalaya ini.
    Fokus awal penggarapan adalah memasang bodi motor yang baru. Didapatkannya rangka motor Suzuki TS 125 dan bodinya. Kemudian dipasangkan dengan mesin tiger langsiran 2008 agar calon motor trail adventure bisa terlihat seperti motor klasik. 
    Agar bisa meredam guncangan dengan baik, sok depan menggunakan milik Suzuki TS 125. Kemudian dipadukan dengan piringan dan kaliper milik Yamaha F1ZR yang didapatnya dari seorang kawan.
    Begitu pula bagian belakang, seperangkat kaki kaki milik Suzuki TS 125 dipilih agar tampilan motor bisa terlihat klasik. Sedangkan sok belakang dimodifikasi ulang agar tetap bisa meredam guncangan dengan baik.
    Setelah bodi kelar, mesin pun juga turut dibenahi. mesin standar Honda Tiger yang sudah berkapasitas 200 cc dirasa kurang galak untuk melahap lintasan pegunungan. Solusinya, piston diganti menggunakan milik Honda CRF 230 yang digabungkan dengan koil YZF dan karbu Keihin 24.
    “Hasilnya, Tenaga motor melimpah dan motorku juga menjadi pusat perhatian. Tak sia sia juga hasil jerih payahku merancang motor sendiri” tutup pria yang dipercaya menjadi wakil ketua klub Trail Adventure Godebag ini. (Bona)

 


Data modifikasi
Ban depan        : Kenda 80/100-21
Ban belakang    : Kenda 100/100-18
Pelek        : TK
Sok depan        : Suzuki TS 125
Sok belakang    : Suzuki TS 125 custom
Cakram depan    : Yamaha F1ZR
Swing arm        : Suzuki TS 125
Knalpot        : AHRS
Tangki        : Suzuki TS 125
Spackboard    : KTM
Bengkel         : SMM Art Design
Alamat        : Depan kampus STIE LM Ponpes Suryalaya, Tanjung Kerta, Pager Agung, Tasikmalaya.
Telp            : 081221463200, 2297c93a
Modifikator    : Rahman Febriyatna (yoyo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment